Apple Patenkan Teknologi Tiket Digital


CALIFORNIA - Para penjual tiket tengah ramai membicarakan sistem barcode tiket melalui SMS, yang dipindai saat akan masuk ke gig. Apple, jauh hari sebelumnya sudah punya teknologi ini dan mematenkannya.

Paten tersebut dinamakan Concert Ticket+ system yang berfungsi melihat banyaknya tiket gig yang terjual melalui iTunes. Tiket yang dibeli akan tersimpan di iPhone, dan ditunjukkan kepada pemeriksa tiket saat akan memasuki gig.

Selain barcode tiket, Apple juga menyediakan layanan map, informasi tempat acara, serta denah tempat duduk yang semuanya akan menyatu dalam sebuah aplikasi, seperti yang ditawarkan layanan iConcertCal.

Seperti dilansir Gizmodo, Jumat (16/4/2010), cara ini efektif mengurangi jumlah sampah kertas. Terutama jika mengingat banyaknya sampah dari tiket seperti perusahaan transportasi.

Namun terdapat lahan yang cukup lapang bagi para retailer tiket lainnya. Apple bisa saja bekerjasama dengan para retailer tiket untuk menjual tiket melalui iTunes, kemudian saling membagi keuntungan masing-masing.

Meski dinilai praktis dan efisien, namun sistem seperti ini masih rentan dalam soal keamanan. Contohnya jika kehilangan iPhone, si pengguna akan kehilangan tiket virtual yang dibelinya dan sulit mendapatkan penggantian. Bagaimana pun, cara seperti ini menginspirasi penjual tiket untuk menerapkan sistem barcode yang lebih praktis dan efisien. (rah)
Okezone