Yahoo Tingkatkan Fitur Pencarian dan Sosial

Yahoo Tingkatkan Fitur Pencarian dan Sosial. Yahoo menyatakan tetap bermain di pencarian. Hal itu menjadi rencana perusahaan terlepas keuntungan masif multimilyaran dolar setelah kesepakatan bisnis dengan Microsoft dalam pengoperasian mesin pencarinya.

Dalam jumpa media di markas pusat perusahaan, Senin (24/80) eksekutif Yahoo, seperti yang dilaporkan InternetNews, terlihat bersusah payah mengklarifikasi dampak kesepakatan tingkat tinggi dengan Microsoft itu. Dari acara itu, Yahoo mengisyaratkan tetap berencana berinovasi dalam pencarian.

Para eksekutif juga memberi gambaran percaya diri atas upaya untuk membuat produk mereka mudah di gunakan sekaligus tertaut dengan layanan jaringan sosial populer. Namun, masa depan Yahoo di sektor pencarianlah yang selama ini menjadi pertanyaan besar pengamat industri.


Yahoo Tingkatkan Fitur Pencarian dan Sosial
TECHLAND.BLOGS.FORTUNE.CNN.COM
Markas Besar Yahoo
Sekilas dari jumpa pers, Prabhkar Raghavan, kepala strategi pencarian dan laboratorium kreatif Yahoo, memetakan skenario yakni Yahoo akan tetap memiliki banyak ruang untuk meningkatkan layanan pencarian--meski telah melakukan kesepakatan dengan Microsoft.

"Kami meyakini pertempuran telah berpindah ke area backend (manajemen administrasi konten di balik situs online) dan para kolega kita di Microsoft akan berada di sana," ujar Prabhkar. "Kami bebas untuk berinovasi pada lapisan atas. Frontend kami akan lebih maju secara berbeda ketimbang Bing.

"Backend adalah perang kelas megawat dan itulah mengapa kami keluar dari sana. Kami ingin berkompetisi pada tampilan depan dan apa yang diinginkan pengguna dari sana,"

Pencarian lebih baik

Wakil presiden pencarian Yahoo, Larry Cornett, mengatakan pencarian adalah "penting bagi kehidupan manusia". Apa yang dikerjakan Yahoo selama ini, menurut Larry, fokus pada peningkatan hasil pencarian lebih relevan kepada pengguna.

"Kami berinvestasi banyak pada teknologi pencarian yang fantastik, namun orang-orang tidak sadar atas itu," ujar Larry. Ia mengatakan Yahoo ingin memimpin di depan pada lingkup "Objek-objek Web" atau data yang terstruktur, ketimbang situs online yang terfokus pencarian secara tradisional.

Sebuah kolom bagian kiri di Yahoo akan memasukkan rekomendasi hasil untuk permintaan pencarian. Dalam sebuah demo, Larry menunjukkan bagaimana permintaan untuk "how to make sushi" (bagaimana membuat sushi) akan menampilkan hasil dari situs-situs seperti Wikipedia dan eHow yang telah dilengkapi jawaban atas tugas melakukan "how to"

"Dan tidak seperti mesin pencari lain, anda dapat menonton video di halaman pencarian," ujar Larry seraya mendemokan hasil dalam satu kali klik. "Inilah yang diinginkan pengguna--bawa informasi ke mereka,".

Larry juga menyatakan Yahoo berniat melangkah lebih jauh dengan rencana mengintegrasikan jaringan sosial seperti Facebook dan situs lain dalam halaman situs mereka. Yaho meniatkan sebagai tujuan awal pencarian untuk menemukan orang.

Larry sendiri tak menampik, saat ini sebagian besar melakukan "Googling" bila ingin tahu tentang seseorang di web. "Namun ketika kami meluncurkan ini, anda dijamin bakal beralih pada Yahoo jika ingin mencari orang," ujar Larry percaya diri.

Mail, fitur baru dan lebih sosial



Perusahaan tidak hanya fokus mengutak atik tampilan antarmuka pencarian dengan pengguna. Koneksi ke jaringan dan layanan web lain, juga disadari Yahoo sebagai isu penting untuk menjaga pengguna tetap berkunjung ke lahan mereka, bahkan ketika mereka ingin mengakses Facebook dan Gmail.

Sebagai upaya nyata, perusahaan berencana meningkatkan kemampuan Yahoo Mail dan akan dirilis secara global beberapa bulan ke depan. Beberapa pengguna mungkin telah melihat tampilan baru mail layanan Yahoo itu di awal pada minggu-minggu ini. Alasan lain, Yahoo menginginkan mail semakin mudah di baca pengguna.

Yahoo menuturkan, sebagian besar pengguna membutuhkan waktu berburu dan pencarian membuang waktu untuk menemukan email penting dalam inbox. Menurut perusahaan, Mail baru Yahoo akan menganalisa inbox untuk membantu anda di permukaan, menentukan email mana yang dianggap paling penting.

Email itu akan ditampilkan di kolom terpisah berdasar faktor berbeda, termasuk kekerapan komunikasi dan koneksi pengguna dengan jaringan sosial.

Tak hanya itu, Yahoo juga meningkatkan ukuran foto yang dikirim lewat attachment, hingga 25 MB, plus menyederhanakan proses pengiriman dan pengeditan foto di dalam attachment.

Dengan versi baru, anda dapat melekatkan satu folder berisi foto dengan satu klik, melihat dan mengedit foto-foto sebelum mengirimkan. Sebagai contoh, satu folder dengan lima gambar akan menampilkan lima thumbnail (petunjuk klik). Anda cukup memilih mana yang hendak dihapus atau diedit sebelum dikirim

"Yahoo Mail bukan sekedar email. Itu adalah IMs dan SMS dan kini menjadi alat komunikasi sosial," ujar John Kremer, wakil presiden Yahoo Mail. "Itu adalah tempat untuk melihat apa yang penting pada anda di dalam tampilan antarmuka tunggal,"

Yahoo Messenger, klien pesan singkat perusahaan tak ketinggalan pula diperbarui. Dalam demo yang dipandu oleh direktur senior Yahoo Messenger, David Merriwether, software baru bakal menawarkan obrolan video berkualitas tinggi dengan fitur laiknya picture-in-picture (gambar dengan gambar).

Aplikasi versi 10 mendatang juga akan mengikutkan pembaruan fitur ramah sosial seperti update status terintegrasi. Fitur itu memungkinkan pengguna melakukan scroll melalui daftar kontak-kontak mereka dan melihat status, update Twitter, foto dan pesan publik lain dengan cepat. Kita tunggu saja [ republika.co.id ]