Asus Siapkan Teknologi Saingi AMD

Asustek Computer Inc., salah satu dari empat produsen motherboard utama dunia mendesain teknologi yang serupa dengan Turbo Core milik AMD, sang produsen prosesor. Namanya Asus Turbo Unlocker.

Teknologi ini diklaim lebih baik dibandingkan dengan Turbo Core. Pasalnya, Turbo Unlocker membuat seluruh core masuk ke modus Boost. Ini berbeda dengan Turbo Core yang hanya mengeset beberapa core saja untuk bekerja pada kondisi turbo.

Selain itu, seperti VIVAnews kutip dari TechPowerUp, Rabu 21 April 2010, teknologi yang diciptakan Asus ini mendukung beberapa prosesor Phenom II Black Edition lain. Bandingkan dengan fitur milik AMD yang hanya mendukung prosesor enam core Thuban ataupun empat core, Zosma.

Dengan load single thread, core yang aktif diberikan dorongan maksimum dari sisi clock speed. Saat load multi-thread meningkat, semakin banyak jumlah core yang diubah ke dalam modus boost.

Kecepatan modus boost ini sendiri akan berkurang sejalan dengan bertambahnya jumlah core yang aktif.

Asus menyebutkan, teknologi tersebut akan tersedia pada seluruh jajaran motherboard mereka, berbasis chipset AMD 8-series. Menarik disimak apakah Asus akan melangkah lebih jauh dengan membuat teknologi Turbo Unlocker untuk prosesor Intel Core i3.