Bill Gates dan Bayern Munchen

Saya baru membaca berita. Ada 2 berita yang menarik menurut saya, yaitu tentang Bill Gates dan Bayern Munchen. Ada apa ini? :P Ternyata, keduanya bakal mengunjungi Indonesia bulan Mei nanti.
Di awal bulan Mei, Bill Gates akan berkunjung ke Indonesia. Om Bill datang terkait dengan upaya pengembangan teknologi informasi di Indoneosia. Ini merupakan respon ajakan dari Bapak Presiden yang mengirim surat kepada beliau bulan September 2007. Saya tidak tahu apakah yang akan dilakukan Microsoft bersama pemerintah. Yang jelas, pasti ada deal-deal tertentu mengenai teknologi informasi. :P Harapan saya semoga harga Windows Vista turun 50% dari harga standar. Hehe.
Sebenarnya, ini peluang besar untuk perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Terlepas dari berapa keuntungan yang akan didapat Microsoft, Indonesia harus memanfaatkan ini. Kita jangan terlalu idealis dan anti vendor tertentu demi kemajuan teknologi informasi. Biarkan saja mereka (para vendor) masuk. Dengan mereka masuk dan membentuk kerja sama, itu juga akan membawa dampak positif kepada kita. Lebih baik banyak vendor yang masuk, daripada “mengusir” mereka karena alasan gengsi tidak ingin berbasis vendor tertentu dan tidak ada keuntungan kepada kita.
Kalau alasan gengsi, ini sangat bodoh. Gengsi hanya menyebabkan “makan hati”. Kalau alasan tidak ada keuntungan, ini bisa diakali. Perjanjian awal harus dimaksimalkan agar tidak “kecolongan” dan aturan-aturan (regulasi) harus jelas agar tidak “dipermainkan”. Di situ intinya. Kalau perjanjian dan regulasi “jelas”, maka tidak ada pihak yang dirugikan. Malah, keduanya saling diuntungkan. Jangan sampai kejadian seperti di salah satu kampus terjadi. Vendor-vendor datang ke kampus untuk membuat pusat riset mereka. Akan tetapi, mereka ditolak karena alasan seperti telah disebutkan di atas. Itu namanya mematikan peluang kemajuan yang sudah di depan mata. Kalau di kampus ada pusat riset dari vendor telekomunikasi dan teknologi informasi, tentu saja kampus itu bakal mendapat keuntungan. Itu pasti. :)
Di bidang lain, sepak bola tepatnya, Indonesia juga bakal kedatangan salah satu klub besar asal Eropa yaitu Bayern Munchen. Mereka akan tour dunia sekaligus liburan setelah kompetisi. Salah satu tujuan tour mereka adalah Indonesia dan Bali. Mereka akan bertanding melawan Tim Nasional Indonesia. Ini bertujuan untuk memperkenalkan Bayern Munchen di kawasan Asia Tenggara. Tentu saja, sisi bisnis berperan kuat di sini. :D Rencananya, pertandingan akan digelar tanggal 21 Mei 2008. Akan tetapi, Bayern Munchen tidak akan membawa bintang-bintang mereka seperti Klose, Riberry, Luca Toni karena mereka melakukan persiapan menuju Euro 2008.
Semoga saja Bill Gates dan Bayern Munchen membawa dampak positif terhadap kemajuan teknologi dan sepak bola di Indonesia. Satu lagi, Steve Jobs dan Juventus juga mengikuti jejak mereka untuk datang berkunjung ke Indonesia. :D