Pria Terpintar Sedunia Tolak Uang $ 1 Juta

Dr Grigory Perelman, 44 tahun, yang katanya sih adalah pria terpintar sedunia ini, menolak hadia bernilah $ 1 Juta setelah dirinya mampu memecahkan salah satu teka-teki matematika tersulit yang pernah ada.


Mau tahu kenapa pria terpintar ini menolak hadiah  uang atas usahanya menyelesaikan teka-teki Poincare Conjecture dari Clay Mathematics Institute, Amrik tersebut?

Dr Grigory, yang hidup sebagai ‘pertapa’ di sebuah flat yang penuh serangga di St Petersburg itu, mengatakan  dari balik pintu yang tertutup, “ Aku sudah punya segalanya.”


Adapun Dr Grigory mengirimkan jawaban atau solusi itu lewat internet namun dirinya gak datang untuk menerima penghargaan bergengsi  Fields Medal dari International Mathematical Union di Madrid 4 tahun lalu.
Kala itu dirinya berkata , “ Aku gak tertarik dengan uang atau ketenaran. Aku gak ingin ditayangkan seperti seekor hewan di sebuah kebun binatang.
Aku bukanlah seorang pahlawan matematika. Aku bahkan gak sesukses itu, sehingga itulah kenapa aku gak mau semua orang melihatku.”

Adapun tetangga Dr Grigory, Vera Petrovna mengatakan, “ Aku pernah ke flatnya sekali dan aku sangat tertegun. Dia hanya memiliki sebuah meja, sebuah bangku, dan sebuah tempat tidur dengan sebuah matras yang kotor yang merupakan bekas dari penghuni sebelumnya- seorang pemabuk yang menjual flatnya kepadanya."

Tapi ngapain juga ya Vera  Petrovna ada di flat milik Dr Grigory?

“Kami sedang berusaha menyingkirkan kecoa di daerah blok kami, tapi kecoa-kecoa itu bersembunyi di flatnya,” jelas Vera seperti diberitakan Ananova.com

Poincare Conjecture sendiri berusia lebih dari 100 tahun ketika Dr Grigory berhasil memecahkan teka-teki tersebut. Dan kabarnya sih, teka-teki satu itu bisa membantu menentukan bentuk dunia.

Wah… keren habis tuh Dr Grigory…...