5 Info Penting Kondom

Lihat Gambar
Kondom (c) racewire

Kondom. Seperti yang Anda tahu, kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Pada umumnya, kondom dikenakan pria, pasangan Anda, dengan menyusupkannya sebagai 'pelindung' pada Mr. P agar saat ia mengalami orgasme, sperma tak tumpah dan masuk ke dalam rahim.

Sangat penting mengenakan kondom saat Anda berhubungan intim, terutama jika Anda ingin menunda kehamilan. Tetapi sebatas itukah Anda tahu soal kondom?

Sebaiknya tidak! Sekalipun mungkin Anda tidak mengenakannya, Anda tetap harus tahu beberapa hal penting tentang kondom. Katakan saja, tak kenal, maka tak sayang.

1. Kondom harus dipasang sebelum Anda dan si dia siap 'bertempur'

Jika Anda benar-benar ingin menunda kehamilan, maka sebelum Anda dan si dia penetrasi, sebaiknya kondom terlebih dulu digunakan. Pertama, hal ini tak akan mengganggu kenikmatan Anda dan si dia. Dan kedua, di saat ternyata ia sudah mencapai puncak, ia tak perlu bingung harus cepat-cepat menarik sebelum cairan spermanya keluar.

Selain itu, kondom juga menghindarkan Anda dari penularan penyakit kelamin. Tidak disarankan memang melakukan free sex bukan dengan pasangan resmi. Untuk itu, sebaiknya hindari saja melakukan hubungan intim dengan bukan pasangan resmi Anda. Akan lebih menyenangkan jika Anda bisa melakukan dengan orang yang Anda cintai, setelah menikah tentunya.

2. Tak selalu harus si dia yang mengenakan kondom

Ya, benar! Tak harus selamanya ia yang mengenakan kondom. Walaupun jarang ditemukan di pasaran, namun kondom untuk wanita juga tersedia. Anda mungkin belum pernah mencobanya. Dan jangan membayangkan cara pemakaiannya akan sama dengan kondom yang digunakan pria. Bahannya memang sama, tetapi kali ini ring akan dimasukkan ke dalam Ms. V Anda.

Jadi jika Anda ingin variasi yang berbeda, tak ada salahnya gantian Anda yang memakai kondom bukan?

3. Jangan simpan kondom di dompet!

Jika pasangan Anda terbiasa menyimpan kondom di dompetnya, ingatkan dia untuk tidak melakukan hal ini. Memang sih lebih efektif saat Anda dan si dia sudah tak sabar ingin segera melakukannya. Namun, tak ada jaminan bahwa kondom tetap utuh dan tak rusak saat disimpan di dalam dompet, apalagi dalam waktu yang cukup lama.

Bisa jadi kondom akan terlipat dan malah sobek.

4. Gunakan lubrikan

Lubrikan sangat bermanfaat untuk Anda yang mungkin memiliki kulit Ms. V yang sensitif. Ya, tak semua wanita dapat bebas nyaman dengan kondom. Ada beberapa wanita yang lubrikan alaminya tak cukup banyak, sehingga harus dibantu dengan lubrikan buatan.

5. Ingat, kondom hanya pengaman!

Melindungi dan mengamankan bukan berarti sebuah jaminan Anda tidak hamil. Kondom adalah buatan manusia, jadi bisa saja rusak atau sobek. Jadi tak ada jaminan 100% Anda tak hamil walaupun ia sudah menggunakan kondom.

Jika memang mengakali dengan kondom saja tak cukup. Ada baiknya Anda mengakali dengan kalender seks. Sesuaikan dengan tanggal kesuburan Anda, trik smart bukan?