Boyband Jadul Tahun 1800-an

Siapa yang gak kenal jajaran boyband luar seperti New Kids On The Block, NSYNC, Take That, Boyzone, Menudo dan yang lainnya? Bahkan di Indonesia sendiri sempet ada boyband bermunculan seperti ME, Cool Colors, Coboy, Trio Libels di tahun 80 akhir sampai 90an. Tapi siapa kira kalo ternyata boyband itu udah ada dari jaman 1800-an? Kira-kira nge-dancenya sama gak ya dengan boy band kebanyakan? Gua dapet beberapa diantaranya yang seru :D Ini dia diantaranya :

Christy's Minstrels
Christy's Minstrels, kadang-kadang disebut sebagai Christy Minstrels, adalah kelompok "blackface" yang dibentuk oleh Edwin Pearce Christy, penyanyi balada terkenal pada tahun 1843 di Buffalo, New York. Mereka berperan penting dalam pemadatan pertunjukan seorang penyanyi kedalam tiga babak tetap. Mereka juga menciptakan atau mempopulerkan "baris", pengelompokan terstruktur yang merupakan aksi pertama dari 3 aturan standar dalam pertunjukkan seorang penyanyi, dengan seorang "interlocutor" di tengah. Pusing? Sama :D Tapi yang jelas blackface itu adalah teater makeup pada sebuah pertunjukkan seorang penyanyi di Amerika Serikat dan merupakan pertunjukkan hiburan yang populer di jamannya

The Ethiopian Serenader
The Ethiopian Serenaders adalah kelompok penyanyi "Blackface" dari tahun 1840-an. penampilan pertama mereka adalah untuk John Tyler di Gedung Putih pada tahun 1844 sebagai bagian dari hiburan utama Presiden Amerika Serikat, keluarga dan teman-teman presiden. Setelah keberhasilan itu, kelompok ini merubah pertunjukkannya dengan menjadi lebih "sopan" sehingga menjangkau para penonton/pendengar dari kalangan kelas tinggi.

The Harmoneons
The Harmoneons adalah kelompok musik Blackface pada abad ke-19 di Amerika Serikat. Pada awalnya group ini bernama "Albino Family", kemudian berubah menjadi "Harmoneon Family". Anggota utama group ini adalah : L.V.H. Crosby, Marshall S. Pike (1818-1901), James Power, dan John Power. Beberapa tahun kemudian group ini menambah anggotanya antara lain : F.B. Howe, Francis Lynch, W.H. Mower sebagai manager, T.B. Prendergast, and F.A. Reynolds. Pada tahun 1847 group ini di undang tampil oleh Presiden Amerika, James Polk di Gedung Putih.

The Hutchinson Family Singers
The Hutchinson Family Singers adalah kelompok penyanyi sekeluarga asal Amerika Serikat pada abad ke 19. Mereka sangat terkenal di dunia hiburan Amerika pada tahun 1840-an. Lagu-lagu mereka di bagi menjadi empat bagian harmoni, yaitu : politik, sosial, komik, sentimental dan dramatik. Mereka dianggap oleh banyak orang sebagai kelompok pertama yang memiliki keunikan dalam pertunjukkan musik pop di Amerika Serikat.

The Virginia Minstrels
The Virginia Minstrels atau Virginia Serenaders adalah kelompok penghibur Amerika abad 19 yang dikenal untuk membantu menciptakan bentuk hiburan dalam sebuah pertunjukkan "mistrel". Kelompok ini dipimpin oleh Dan Emmett. Anggota kelompok ini terdiri dari Emmett, Billy Whitlock, Dick Pelham, dan Frank Brower. Tidak seperti kelompok blackface sebelumnya yang menampilkan penyanyi solo atau penari, The Virginia Minstrels muncul sebagai sebuah kelompok Blackface dengan memakai kostum ikonik dan melakukan pertunjukkan yang lebih rumit.