Ekstrak Kemangi Efektif Bunuh Kuman

DAUN kemangi bisa menjadi obat untuk mengatasi kuman penyakit Methacillin Resistance Staphylococcus Aureus (MRSA). Kuman ini menyebabkan 8000 kematian di dunia per tahun. MRSA dikenal kebal terhadap antibiotik. Fakta tentang khasiat daun kemangi ditemukan peneliti dari University of Brighton, Inggris, baru-baru ini.


Peneliti Dr Jonathan Caplin mengaku temuan itu sangat menjanjikan. Menurutnya, minyak kemangi mempunyai efek yang sangat kuat terhadap MRSA.

"Kami masih harus melakukan studi lebih lanjut," kata Caplin.

Dalam penelitian, Caplin menemukan ekstrak minyak kemangi dapat membunuh kuman dalam waktu dua jam. Temuan ini diharapkan dapat dikembangkan untuk menghentikan penyebaran MRSA. Pasalnya, infeksi MRSA banyak terjadi di rumah sakit. Temuan inipun dipublikasikan di Internasional Journal of Essential Oil Theurapeutics.

Tiap orang biasanya akan membawa MRSA di permukaan kulit. Mereka akan terinfeksi saat menjalani proses atau prosedur lain yang menusuk kulit.

Temuan ini disambut hangat Maggie Tisserand, direktur perusahaan Benchmark oils. Menurutnya, perusahaannya menghasilkan produk minyak kemangi yang memenuhi standar aman dalam masakan. Dalam percobaan pendahuluan, minyak kemangi tak menimbulkan efek saat bersentuhan dengan kulit.(MI/***)