Heboh! Ikan Duyung Terdampar di NTT


Heboh! Ikan Duyung Terdampar di NTTDapunta Online – DITEMUKAN SEEKOR ikan duyung (Dugong dugon) dengan panjang sekitar dua meter terdampar di Pantai Watubara, Desa Mukusaki, Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (12/05/2010) .
Peristiwa ini menghebohkan dan menjadi tontotanan warga. Bahkan, siswa sekolah dasar (SD) diliburkan untuk melihat dari dekat ikan duyung tersebut.
Ikan duyung yang masih dalam keadaan hidup ini ditemukan pertama kali oleh Hery Chairudin, nelayan setempat ketika pulang mencari ikan dengan tiga rekannya. Hery Chairudin mengatakan, awalnya ia hanya melihat kepala ikan tersebut, sehingga bersama tiga rekannya berusaha menggiring ke tengah laut, namun ikan tetap kembali ke pinggiran.
Ia mengetahui ikan yang terdampar itu adalah duyun, karena duyung sering terdampar di pantai Watubara ini. “Kali ini merupakan kejadian yang ketiga kalinya ikan duyun terdampar di pantai ini,” katanya.
Warga sekitar yang mendengar terdampar ikan duyung tersebut berbondong-bondong menyaksikan secara dekat dan memotret dengan kamera ponsel. Siswa Sekolah Dasar Mukusaki pun diliburkan untuk menonton, karena dianggap langka oleh sejumlah guru yang mendampingi para siswa ini.
Hingga kini, pengunjung masih terus berdatangan ke pantai Watubara, sementara para nelayan masih menunggu petunjuk dari Dinas Perikanan, sehingga ikan duyung tersebut masih ditambatkan para nelayan dengan mengikatnya dengan tali dibagian ekor ditepi pantai.