Nyanyi 80 Jam, Nanoe Biroe Cetak Rekor MURI

Nanoe Biroe
Nanoe Biroe
Lewat perjuangan melelahkan, akhirnya I Made Murdita yang tenar disapa Nanoe Biroe, penyanyi rock Bali berhasil menumbangkan rekor MURI sebagai musisi dengan kemampuan bernyanyi terlama selama 80 jam non stop.
Rekor sebelumnya disabet Raka Eka Nugraha penyanyi asal Bandung, Jawa Barat, yang mampu bermain musik selama 71 jam pada tahun 2005. Atas prestasinya itu, MURI memberikan penghargaan nomor urut rekor 4.273 sebagai penyanyi dengan kemampuan menyanyi terlama kepada pria asal Denpasar, kelahiran 1985 ini.
Aksi Nanoe yang dilakukan sejak Jumat (7 Mei) pukul 15:00 Wita, berakhir pada Selasa sekira pukul 04:44 Wita di lapangan Puputan Badung, Denpasar. Lagu terakhir dilantunkan suami dari Gek Unik itu berjudul Indonesia Pusaka yang membuat para penggemarnya yang akrab disapa baduda dan penonton lainnya turut melantunkan lagu tersebut bersama sama.
Dalam aksinya itu, pria berambut gimbal ini telah melantunkan 1.111 lagu karya karyanya dan lagu lain selama tiga hari empat malam, meskipun sempat mengalami kelelahan fisik dan sakit kerongkongan.
"Rekor baru ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat Raka Eka Nugraha, yakni menyanyi selama 71 jam. Rekor lama dibuat pada 1 September 2005 lalu di Bandung,” jelas Senor Manajer MURI, Paulus Pangka, Selasa (11/05) .
“Saya puas banget dengan hasil yang saya capai. Ini semua berkat bantuan doa, teman teman semua termasuk teman dari media,” ungkap Nanoe Biroe kepada wartawan di sela penerimaan piagam Muri.
Hasil Muri , ujar dia, tidak hanya sebatas dari bentuk piagam saja tapi menurutnya yang terpenting bisa memberikan spirit baru kepada pegiat musik yang ada di Bali.
“Gak penting piagam, yang penting bisa membuat spirit baru buat generasi muda agar maju, terus buktiin kalau musik Bali perlu diperhitungkan,” tambahnya. Pencapaian rekor ini merupakan mukjizat Sang Hyang Widi yang diberikan kepada masyarakat Bali menjelang hari raya Galungan.
Rencana ke depan Nanoe Biroe selain promo album terbarunya, pada bulan Agustus yang akan datang dia akan menggelar konser di atas tali untuk menyambut peringatan 17 Agustus.
Sumber - Okezone