Ide Smartphone Blackberry Muncul Tahun 1909

Blackberry
Kemunculan Blackberry di pasar ponsel diakui telah menyihir jutaan orang di dunia. Tapi tahukah Anda, jika ide pembuatan ponsel Blackberry sebenarnya telah muncul sekira seabad lalu, tepatnya tahun 1909.
Fisikawan kelahiran Kroasia, yang bermukim di Amerika Serikat, Nicola Tesla sebenarnya telah memprediksi kemunculan gadget sejuta umat tersebut.
Telegraph, Selasa (4/5) memberitakan, dalam sebuah tulisannya, Tesla pernah menulis bahwa di masa mendatang, akan ada layanan wireless yang memungkinkan untuk mengirimkan pesan ke seluruh dunia.
Tesla selama ini dikenal sebagai seorang penemu terpenting dalam sejarah. Pria yang menjadi warga negara Amerika Serikat tahun 1891 itu merupakan seorang perintis elektromekanik. Teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik (bahasa Inggris: Alternating Current/AC) modern termasuk distribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada revolusi industri kedua.
Prediksi Tesla tentang Blackberry dimuat di sebuah majalah Popular Mechanics di tahun 1909. Dalam tulisannya ia membayangkan sebuah perangkat genggam yang mudah digunakan dan perangkat tersebut akan mengantar era baru teknologi.
Seth Porges, editor majalah teknologi, mengungkapkan prediksi Tesla dalam sebuah presentasi, berjudul "108 tahun futurisme".
"Nikola Tesla mampu memprediksi teknologi yang baru lahir, yang masih dalam bentuk seratus tahun kemudian," kata Mr Porges.
Sumber - Okezone