MENGEMBALIKAN PASSWORD WINDOWS XP



Pada komputer, terutama jika komputer tersebut digunakan oleh beberapa user, biasanya terdapat beberapa account user dengan tipe account yang berbeda dalam sistem operasinya. Misalnya administrator, limited, ataupun sekedar guest. Jika suatu saat Anda perlu mengubah sesuatu pada sistem operasi anda, tentu anda perlu mengakses sistem operasi tersebut menggunakan account user administrator atau user dengan hak administrator. Kalau anda ingat password yang anda gunakan, tentu tidak masalah. Tetapi kalau anda lupa password-nya, berikut ini salah satu cara yang mungkin bisa anda gunakan. memang cara ini belum tentu berhasil disemua PC, namun siapa tahu berhasil di PC anda. Berikut langkah - langkahnya :


  1. Hidupkan komputer anda dalam keadaan Safe Mode.
  2. Setelah tiba di user menu, pilih salah satu user yang tidak diproteksi password atau yang anda ingat passwordnya.
  3. Setelah masuk ke sistem operasi, klik [start] > [Run] dan ketikkan "CMD" dan tekan tombol OK atau Enter.
  4. Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan "C:\windows\System32" (tanpa tanda petik), dengan asumsi sistem operasi anda terinstal di drive C:\ dan nama folder tempat instalasinya adalah "Windows".
  5. Demi keamanan, sebelum mengubah password administrator, ada baiknya anda melakukan backup terhadap file dengan nama logon.scr. Caranya adalah mengetikkan perintah "Copy logon.scr logon.bak" (tanpa tanda petik).
  6. Berikutnya adalah ketikkan perintah "copy cmd.exe logon.scr".
  7. Untuk mengubah password administrator, dari direktori c:\windows\system32 tadi, ketikkan perintah : "net user administrator 1234". dengan contoh tersebut, password milik user administrator akan dirubah menjadi 1234. Tentunya password baru tersebut dapat anda ubah sesuka hati. Selain itu anda juga dapat mengubah password user yang terdaftar lainnya.
  8. Setelah itu dilayar akan muncul perubahan password sudah berhasil dilakukan. Kalau sudah restart komputer anda dan cobalah login dengan user yang telah dirubah passwordnya.

Langkah-langkah di atas merupakan salah satu cara untuk mengubah passaword adaministrator atau user lain yang ada di sistem operasi Windows XP. Semoga Bermanfaat



referensi : kumpulan tips