Melalui penelitian dan pengujian selama beberapa tahun, Ferdinand Piech preskom perusahaan Volkswagen telah memamerkan kemampuan teknis kendaraan ini dengan mengendarai L1 dari kantor pusat Wolfsburg sampai ke Hamburg, total perjalanan 200 km. Sistem penggerak L1 menggunakan sebuah mesin diesel penyedot udara alami 1 silinder dan hanya 0.3 liters displacement, SDI (Super Direct Ignition) nya memanfaatkan kontrol langsung dari silinder mesin untuk menyalakan mesin, menguasai waktu pembakaran dengan lebih baik.
Mesinnya menggunakan struktur monomer berbahan aluminium, silinder mesin pembakaran kompresi danCrankshaft dilebur menjadi satu, ditambah lagi komponen-komponen lain yang telah dibuat seringan mungkin, jikalau tanpa cairan penggerak, bobotnya hanya 26 kg.
Mobil mini L1 (1 liter) terhemat BBM di dunia yang dikembangkan oleh VW. (GETTY IMAGES) |
|
Salah satu fokus pengembangan mobil mini ialah masalah keselamatan. Peralatan keselamatan L1 termasuk rem sistem anti blokir, kekuatan pengereman setiap roda yang bisa dibantu pengendaliannya dengan program stabilitas elektronik demi stabilitas mobil, dan kantong udara (airbag) di tempat duduk driver.
Seluruh tabung bentur (crash tubes) di moncong mobil, dapat menyerap energi pengubah bentuk akibat benturan, dengan harapan mempertahankan ruang di bagian kaki tidak berubah bentuk. Tangki BBM bervolume 6,5 liter yang total terbuat dari aluminium terletak di dalam area perlindungan benturan di belakang tempat duduk penumpang.
Perusahaan otomotif VW di dalam proses pengembangan L1, dalam mempertahankan target terpatok 1 liter BBM untuk setiap 100 km, sehingga menimbulkan berbagai pengalaman terobosan teknis krusial, diharapkan sesuai jadwal dapat menyediakan inovasi baru di dalam bidang teknis perencanaan mobil hemat BBM.
sumber : The Epoch Times